Pengaruh Literasi Digital Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di SMP PGRI 01 Dau

The Influence of Digital Literacy on Improving Learning Outcomes of Junior High School Students at SMP PGRI 01 Dau

Authors

  • M Fauzi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Melisa Wahyu Fandyansari Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Loesita Sari Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Novi Eko Prasetyo Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1688

Keywords:

Literasi digital, Hasil belajar, Peserta didik SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah Pertama di SMP PGRI 01 Dau. Metode kuantitatif dengan desain survei digunakan, melibatkan 35 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur literasi digital dan hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai p < 0.05. Kesimpulan ini menegaskan pentingnya pengembangan literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar. Rekomendasi diberikan agar sekolah mengintegrasikan program literasi digital dalam kurikulum.

Downloads

Published

2025-08-02

Citation Check