Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Persepsi Kepada Dosen Pembimbing Terhadap Motivasi Mengerjakan Skripsi

The Influence of Parental Support and Perceptions of Supervisors on Motivation to Work on a Thesis

Authors

  • Natalia Fentina Ahung Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Miftah Rakhmadian Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Putri Vina Sefaverdiana Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Haris Amrullah Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1698

Keywords:

Dukungan, Motivasi, Persepsi mahasiswa

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir seringkali menghadapi berbagai tantangan saat mengerjakan skripsi sehingga memerlukan motivasi yang kuat agar tetap dapat menyelesaikannya. Berbagai faktor dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa termasuk juga dukungan orang tua dan persepsi kepada dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi mengerjakan skripsi, (2) pengaruh persepsi kepada dosen pembimbing terhadap motivasi mengerjakan skripsi, dan (3) pengaruh keduanya secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 39 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Hasil uji t menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi mengerjakan skripsi dengan nilai thitung sebesar 21,302 > ttabel 2,026 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Persepsi kepada dosen pembimbing juga berpengaruh signifikan dengan thitung sebesar 4,229 > ttabel 2,026 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap motivasi mengerjakan skripsi dengan nilai Fhitung sebesar 256,642 > Ftabel 3,26 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan orang tua dan persepsi kepada dosen pembimbing secara parsial maupun simultan mempengaruhi motivasi mahasiswa mengerjakan skripsi, dengan kontribusi sebesar 93,4%.

Downloads

Published

2025-08-02

Citation Check