Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Persepsi Kepada Dosen Pembimbing Terhadap Motivasi Mengerjakan Skripsi
The Influence of Parental Support and Perceptions of Supervisors on Motivation to Work on a Thesis
DOI:
https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1698Keywords:
Dukungan, Motivasi, Persepsi mahasiswaAbstract
Mahasiswa tingkat akhir seringkali menghadapi berbagai tantangan saat mengerjakan skripsi sehingga memerlukan motivasi yang kuat agar tetap dapat menyelesaikannya. Berbagai faktor dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa termasuk juga dukungan orang tua dan persepsi kepada dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi mengerjakan skripsi, (2) pengaruh persepsi kepada dosen pembimbing terhadap motivasi mengerjakan skripsi, dan (3) pengaruh keduanya secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 39 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Hasil uji t menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi mengerjakan skripsi dengan nilai thitung sebesar 21,302 > ttabel 2,026 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Persepsi kepada dosen pembimbing juga berpengaruh signifikan dengan thitung sebesar 4,229 > ttabel 2,026 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap motivasi mengerjakan skripsi dengan nilai Fhitung sebesar 256,642 > Ftabel 3,26 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan orang tua dan persepsi kepada dosen pembimbing secara parsial maupun simultan mempengaruhi motivasi mahasiswa mengerjakan skripsi, dengan kontribusi sebesar 93,4%.