Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry based learning Berbantu Media Aplikasi Canva Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi

The Effect of the Inquiry-Based Learning Model Assisted by the Canva Application Media on Student Learning Activeness in Economics Subjects

Authors

  • Jesica Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Firmansyah Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/ecoducation.v7i2.1752

Keywords:

Keaktifan belajar peserta didik, Media aplikasi canva, Model pembelajaran inquiry based learning

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar peserta didik disebabkan oleh model pembelajaran yang monoton, yang mana peserta didik menerima materi tanpa dilibatkan dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning berbantu media aplikasi canva terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi- Eksperimental dengan Desain penelitian Non-Equivalent pretest-posttest control group design. Data yang dikumpulkan angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225 peserta didik dengan Teknik pengambilan sample jenis Non Probabiity sampling yaitu teknik purposive sampling. Uji Validitas menggunakan teknik Pearson Product Moment dan Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach sedangkan Teknik analisis data normalitas menggunakan Uji Liliefors, homogenitas menggunakan Uji F dan uji hipotesis menggunakan Uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry based learning berbantu media aplikasi canva terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas X di SMA Bukit Asam, dengan nilai post test thit lebih besar dari ttab (2,372 > 2,000) ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian Ho Ditolak dan Ha Diterima. Kesimpulan dari hasil statistik tersebut terdapat pengaruh. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel berbeda sehingga penelitian menjadi lebih luas dan lebih banyak wawasan yang diperoleh.

Downloads

Published

2025-08-18

Citation Check