Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Aesesa
Keywords:
Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Sekolah manapun pada semua jenjang, mulai tingkat yang terendah hingga yang paling tinggi mengharapkan agar setiap siswa yang belajar di sekolah dapat memperoleh prestasi yang memuaskan. Hal tersebut jika dapat diwujudkan merupakan kebanggaan bagi siswa maupun bagi pihak sekolah. Prestasi belajar ialah perubahan-perubahan pengetahuan dan pemahaman, serta nilai, sikap dan keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah ia terlibat atau mengalami proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada 10 Februari 2020 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Satap 2 Aesesa menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII ditinjau dari Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 mata pelajaran ekonomi masih kurang memuaskan, karena mayoritas nilai rata-rata kelas masih di bawah Kriteria Ketuntasan belajar Minimal (KKM) yang ditetapkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar, terhadap prestasi belajar. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling, Teknik analisis data utama yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple regressions). Hasil penelitian ini adalah Variabel lingkungan belajar secara mandiri memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar. Variabel motivasi belajar secara mandiri juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar terhadap prestasi belajar. Kedua variable ini secara bersama-sama juga memberi pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dengan besaran persentase sebesar 53,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.