Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar

A Literature Review

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.29

Keywords:

Belajar, Socio-Emotional Learning, Pencapaian, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif melampaui penguasaan akademik untuk mencakup pengembangan aspek sosial dan emosional siswa. Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) menekankan keterampilan seperti empati, kerja sama, manajemen emosi, dan resolusi konflik, yang sangat penting untuk mengatasi tantangan akademik dan sosial, serta meningkatkan hasil pembelajaran. Banyak penelitian telah menunjukkan dampak positif SEL terhadap pencapaian akademik, keterampilan sosial, dan pengurangan masalah perilaku, khususnya dalam pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan meninjau tujuh artikel. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mensintesis penelitian yang ada mengenai efektivitas SEL dalam meningkatkan kinerja akademik siswa dasar. Temuan menunjukkan bahwa SEL tidak hanya meningkatkan kompetensi sosial-emosional siswa tetapi juga secara signifikan memperbaiki keberhasilan akademik mereka. Integrasi SEL yang efektif ke dalam kurikulum sangat penting, dengan kompetensi guru dan lingkungan kelas memainkan peran kunci. Penelitian mendatang harus mengeksplorasi dampak jangka panjang dan mengidentifikasi strategi yang paling efektif untuk implementasi SEL.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Asdhar, H. J., & Yoenanto, N. H. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: A Literature Review. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 6(3), 115–125. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.29

Citation Check