Penerapan Kearifan Lokal Sumenep di Sekolah Menengah Pertama Binar

Authors

  • Syafira Alfiani Universitas Bahaudin Mudhary Madura, Indonesia
  • Istianah Sandy Sekolah Menengah Pertama Binar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.31

Keywords:

Kearifan Lokal, Gen Z, Proses Pembelajaran, SMP, Sumenep

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan kearifan lokal yang diterapkan di Sumenep, Madura, dan bagaimana hal tersebut tercermin dalam proses pembelajaran Generasi Z. Penelitian ini dilakukan di SMP Binar, di mana salah satu kearifan lokal yang mereka terapkan adalah bhuppa’-bhâbhu’-ghuru-rato, yang berarti orang tua dan guru memiliki posisi yang setara dan harus dihormati karena mereka memberikan bantuan dalam semua aspek kehidupan. Dengan melakukan studi kasus pada proses pembelajaran mereka dan bagaimana kearifan lokal dilestarikan, hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa dibimbing oleh semua guru yang dipekerjakan berdasarkan semangat mereka dalam dunia pendidikan.

 

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Alfiani, S., & Sandy, I. (2024). Penerapan Kearifan Lokal Sumenep di Sekolah Menengah Pertama Binar. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 6(3), 205–214. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.31

Citation Check