Analisis Perbandingan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Satuan Pendidikan Menengah

Authors

  • Samudra Eka Cipta Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nusantara Bekasi, Indonesia
  • Riris Sapitri
  • Pendik Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nusantara Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.807

Keywords:

kurikulum 2013, kurikulum merdeka, sejarah

Abstract

Kajian ini membahas tentang perbandingan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka dalam mengimplementasikan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya pada jenjang pendidikan menengah di Indonesia. Dalam proses penyusunannya, penelitian ini menggunakan metode kajian literatur berupa sumber – sumber data sekunder. Hasil kajian ini menyatakan bahwa 1)  Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar sebagai indikator kelulusan peserta didik, 2) sedangkan pada kurikulum merdeka terdapat capaian peserta didik dan alur tahapan pembelajaran sebagai salah satu indikator dari ketercapaian proses belajar peserta didik dalam memahami materi pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) keduanya memiliki persamaan yakni mengedepankan kemampuan soft skills dan hard skills dalam proses pembelajaran, yang menjadi perbedaannya adalah jika Kurikulum 2013 diimplementasikan dalam bentuk portofolio, sedangkan Kurikulum Merdeka diintegrasikan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai hasil dari pembelajaran materi Sejarah Kebudayaan Islam di satuan pendidikan menengah.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Cipta, S. E., Riris Sapitri, & Kurniawan, P. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Satuan Pendidikan Menengah. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 6(3), 226–240. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.807

Citation Check