Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

The Influence of Economic Literacy, Digital Literacy and Self-Efficacy on Students' Entrepreneurial Interests

  • Andryo Darmanto Universitas Insan Budi Utomo
  • Putri Vina Sefaverdiana Universitas Insan Budi Utomo
  • Miftah Rakhmadian Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: efikasi diri, literasi digital, literasi ekonomi, minat berwirausaha

Abstract

Aktivitas berwirausaha di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukan perlunya menumbuhkan minat berwirausaha di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, literasi digital dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Sample dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Data kemudian uji kelayakannya dengan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Sedangkan hipotesis diuji dengan uji regresi linier berganda, simultan, parsial dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial literasi ekonomi dan efikasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha, sedangkan literasi digital tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020.

References

Bandura, A. (2010). Self Efficacy Mechanism in Psikological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall.
Effrisanti, Y., & Wahono, H. T. T. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Diri, dan Love of Money Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 148–156. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p148-156
Fayolle, A. (2007). Handbook of Research in Entrepreneurship Education: Volume 2. Edward Elgar Publising.
Fiorentina, A., & Rindrayani, S. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 6(2), 304–316. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6681
Ishtiaq, M., Imtiaz, A., Hussain, S., & Anum, R. (2019). Financial self-efficacy and women ’ s personal finance behaviour : A case study of public sector banks in Pakistan. Pacific Business Review International, 11(8), 96–117.
Jerni, Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1), 2721–8287. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038
Khoiriyah, R., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 181–193. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p181-193
Matlay, H. (2008). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial outcomes. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(2), 382–396. https://doi.org/10.1108/14626000810871745
Muslihudin, & Ilmaniati, A. (2017). The Effect of Self-Efficacy and Income Expectations on Entrepreneurial Interests of Vocational High School Students (Al-Madina Vocational High School). Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 1(1), 41–49.
Nanda, A. D., & Sudiana, K. (2022). Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 49. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.366
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.
Putro, W., & Utama, P. (2021). Peran Moderasi Passion Antara Efikasi Diri Dan Inovasi Terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 231–240. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.402
Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 208–215.
Stefany, S., Nurbani, & Badarrudin. (2017). Literasi Digital Dan Pembukaan Diri : Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumiati, & Wijonarko, E. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799
Ukma, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 705–705.
Ulfah, R. Z. (2023). Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pada Program Awmm Universitas Brawijaya. Universitas Islam Malang.
Urbaningrum, A. F. (2023). Pengaruh Literasi Digital, Locus Of Control, Dan Dukungan Akademik Terhadap Minat Berwirausaha Digital Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN SAIZU Purwokerto). Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Zulatsari, M. R., & Soesatyo, Y. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 157–160.
Published
2024-08-05
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 119 times